DISINI

MEREKA INDAH DAN MENAWAN


Mereka indah.. indah dalam setiap tutur kata,, mereka ciptaan yang sempurna milik pulau kami. Gadis desa yang lugu selalu membuat kampungku riang dan ramai (dnb).

Waihelan adalah sebuah kampung kecil di ujung timur desa bukit seburi dan bagian barat pulau romantis adonara. Kampung yang letaknya di bawah lembah bukit seburi ini hanya mendapatkan sinar matahari dari jam 9 sampai jam 3 sore. Aktivitas masyarakat kampung ini umumnya bertani (bercocok tanam) dan berkebun di samping beternak sebagai pekerjaan sampingan.. ini bukan berarti mereka masyarakat pasca komunal primitif.. mereka adalah masyarakat komunal modern dalam kehidupannya walaupun tidak ditunjukan dalam bentuk suatu pemerintahan komunal, bahkan kearifan feodal masih juga sangat kental sehingga di tempat ini masih terpelihara sistem kehidupan yang sangat rumpu rampe.. kehidupannya bercorak komunal yang terwujud dalam budaya gemohing  di antara para warga namun masih di bawah pengaruh feodal krn pengaruh kepemilikan tuan tanah atas wilayah tersebut.. kapan saja warga bisa kehilangan lahan jika itu di inginkan oleh tuan tanah dan kerabatnya. Disisi lain pemerintahan yang masih di tempel oleh warna kolonial juga turut meramaikan sistem kehidupan di kampung ini....
Semuanya itu menjadi lengkap dalam rukunnya masyarakat dikampung twrsebut. 
Tak bisa di pungkiri,, ternyara keindahan kampungku bukan hanya dari alamnya yang indah tetapi para gadisnya yang elok dan menawan turut membuat salah satu sudut bumi ini indah. Dnb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar