DISINI

DARI KAMPUNGKU UNTUK INDONESIAKU(Waihelan... Negeri para master)

Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe.
Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta,
apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu!
Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak.
Soekarno.
Kita semua telah kenyang dengan sejarah yang diberikan para pahlawan untuk Indonesia, ilmu yang mengalir sejak kita Sekolah Dasar hingga bangku Kuliah. Tentu banyak cara untuk mengabadikan sejarah, dengan membuat perubahan yang sedemikian hebat, mencontoh dan meneruskan perjuangan para pahlawan adalah yang bisa kita torehkan untuk jejak yang lebih tinggi negara ini. Belajar bagaimana menghasilkan karya-karya hebat untuk negeri tercinta dengan menjadikan sejarah sebagai batu loncatan untuk mencapai lebih tinggi perubahan. Pencapaian kemerdekaan bukanlah usaha yang kecil, pahlawan yang telah dididik dan digembleng di kampung, memiliki nasionalisme yang tinggi untuk menjadikan negaranya merdeka. Sebab itulah kita patut belajar dan bertindak layaknya pemuda Indonesia yang memiliki nasionalisme tinggi, mampu memberikan sumbangsih besar untuk negara tercinta.
Sejenak saya akan berbicara tentang sebuah perubahan dimulai dengan setiap pemuda yang tanggap dan mau berkarya untuk negara Indonesia. Perubahan dimulai dari hal-hal yang kecil, dari mulai kesadaran untuk melakukan perubahan, memulainya dengan semangat berkarya dan juga memberikan usaha terbaik untuk menjadi pribadi yang bisa merubah oranglain juga masyarakat disekitarnya. Hal yang mendasari adanya perubahan merupakan sikap penting yang harus dimiliki, namun bagaimana jika kita berada jauh dari sistem pemerintahan? Akan kah kita bisa melakukan perubahan?
Margaret Mead adalah seorang antroplog budaya Amerika mengatakan, Jangan pernah meragukan bahwa sekelompok kecil yang bijaksana, warga negara berkomitmen dapat mengubah dunia. Memang, itu adalah satu-satunya yang pernah memiliki kemampuan. Demikian ungkapan singkat yang memberikan arti bahwa bukan hanya orang-orang besar yang mampu melakukan perubahan untuk negaranya, namun mereka yang menjadi warga negara yang berkomitmen untuk perubahan itulah yang akan memberikan dampak besar untuk perubahan sebuah negara. Meskipun dipinggiran negeri sekalipun, jika setiap pemuda dan setiap warga negara indonesia berkomitmen untuk berkarya, perubahan itu akan tercipta sempurna.
Berkarya untuk Indonesia, sebuah ungkapan yang luar biasa indah bila dilakukan dengan realitas yang sesungguhnya, tentu bila tak percaya pada karya para pemuda Indonesia, tentu Bung Tomo tak akan pernah mengatakan akan mengguncang dunia dengan pemuda. Itulah yang menunjukkan bahwa pemuda memegang peranan penting untuk perubahan pada negara, yang mampu dilakukan adalah dengan berkarya maksimal dan juga mempertahankan idealisme bangsa Indonesia. Pemuda, jutaan karya mampu ditorehkan, komitmen dan tekad ada untuk perubahan besar. Dengan demikian, banyak yang mampu dilakukan dengan terus memberikan sumbangsih untuk negara dengan karya-karya besar.
Melihat kondisi negara yang seperti ini, penting bagi pemuda untuk segera bergerak, bukan malah membuat kerusakan moral dengan media serta memberikan status sosial yang memperburuk nama Indonesia. Perlu diketahui dengan kesadaran yang berarti, tanpa kesadaran setiap pemuda, Indonesia akan semakin terpuruk dengan adanya tindakan dan kondisi yang memburuk. Penting bagi kita, para pemuda untuk segera berbenah, segera melakukan perubahan dimulai dengan apa yang mampu kita berikan, karya-karya besar yang mampu kita hasilkan. Dari kampung kita dilahirkan untuk menjadi para pemuda yang hebat untuk meneruskan estafet kepemimpinan negara yang maju, dari kampung kita dilahirkan untuk bergerak dan berkarya untuk Indonesia.
Kita dapat melakukan perubahan dan berkarya maksimal dengan cara. Pertama, membuat tekad dan komitmen yang kuat untuk berkarya. Kedua, susun semua target yang dapat dilakukan kedepan dengan kemampuan yang kita punya, menyusun sesuai dengan bakat dan minat yang kita punya. Ketiga, lakukan dan berkaryalah sedikit demi sedikit dan berkomitmen untuk istiqomah mengerjakannya. Keempat, berikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk oranglain dengan karya itu. Kelima, berusahalah untuk menjadikannya lebih dari yang lain dan mampu mengubah oranglain.
Dengan melakukan kelima langkah ini, mental pemuda untuk melakukan perubahan akan ada dalam setiap diri kita, tanpa pernah putusasa dan berhenti untuk bergerak. Setiap ikhtiar atau usaha yang besar akan memberikan hasil yang besar dan luarbiasa. Tentu dengan perjuangan dan perjalanan yang panjang dan tak mudah. Bersemangatlah pemuda berkarya untuk negeri tercinta, Indonesia!
Dari kampungku waihelan untuk indonesiaku, dari pinggiran negeri untuk mengabdi dan berkarya yang berarti, dari usaha yang kecil untuk perubahan yang jauh lebih besar, serta dari komitmen untuk menjadi warga negara yang baik untuk Indonesia menjadi negara maju. Mari kita renungkan kata-kata bapak presiden Indonesia pertama, Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak. Maka saatnyalah kita bergerak maju dengan kaki sendiri, berkarya dan juga berusaha untuk berdiri sendiri tanpa meminta-minta pertolongan oranglain. Dari anak gaplek atau anak desa kita bisa berkarya untuk indonesia. Dari kampung kita mampu menjadi pemuda-pemuda yang luarbiasa. Semangat berkarya para pemuda! Majukan Indonesia dengan ilmu dan kerja nyata. Berkarya untuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar